Wednesday, September 1, 2004

Andalkan Fastbreak


PALEMBANG - Tim basket PON Lampung akan mengandalkan strategi fastbreak saat menghadapi tim basket Jawa Tengah, di lapangan Indoor Tenis, Palembang hari ini, (1/9) pukul penuh. Pelatih basket, Tupak ketika ditemui di mess atlet, perumahan Jakabaring mengaku masih buta akan kekuatan Jateng.

"Kita masih belumm tahu kekuatan mereka. Tim kita juga belum pernah sekalipun bertemu jateng. Melawan mereka inilah kita coba untuk petik kemenangan. Postur badan mereka, ketika kita lihat mereka latihan, tidak jauh beda dengan pemain Lampung. Tim akan coba untuk mengandalkan banyak-banyak melakuan fastbreak," katanya. Pemain merka juga tidak ada yang pemain nasional atau main di IBL, namun mereka handal di shooting. Semua tim-tim Jawa bagus shootingnya" tambahnya.

 Tupak juga mengaku senang atas hasil undian pembagia grup. Lampung berada di grup 1 bersama dengan tim Jawa Timur, Sumatera utara, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Kalimantan Selatan. "Saya cukup senang dengan grup ini. Beda dengan grup yang satunya, itu grup ketat dimna terdapat beberapa tim sebagai juara di kwalifikasi (pra pon, Red). Kita coba untuk ambil kemenangan di tiga partai, yaitu lawan Jateng, kalsel dan Jabar,' terangnya. Tupak juga menambahkan bahwa tim akan berusaha membalas dendam atas Sumaerta utara. "Di Porwil dulu kita kalah sama Sumut dengan bda empat poin. kali ini kita akan balas dendam, anak-anak senang ketemu Sumut lagi, karena bisa membalas sakit hati yang dulu," tambahnya

Materi pemain Lampung sendiri tidak ada masalah, 10 emua pemain yang dibawa siap untuk diturnkan. lampung akan mengandalkan Zico atau Dedi sebagai pengatur serangan (playmaker). "Kemampuan pemain kita semuanya merata. Tim kita tidak mengandalkan satu orang pemain. Bagus tidaknya permainan kita ditunjang dari playmaker kita, Zico atau Dedi. Saya lihat situasi pertandingan, bisa juga saya turunkan mereka berdua sejak awal," paparnya.

Sebagai tim yang baru lolos, lampung dianggap sebagai tim kuda hitam. Semua tim merasa penasaran dengan Lampung. "Kita masih dianggap tim kuda hitam. Mereka semua penasaran dengan kita, karena kita baru di PON ini lolos lagi. Kita coba tunjukan kemampuan kita," ujar Tupak

Mengenai kondisi lapangan, tim bsket lampaung sudah dua kali menjajal lapangan. Setiap tim diberikan jatah latihan setengah jam, namun jika tim lolos putra-putrinya diberikan waktu stu jam. "Kita berlatih cuma setengah jam, karena kita cuma lolos putra. yang lolos putra-putri diberi stu jam. Dari hasil kita menjajal lapangan, kondisi lapangan memang cukup licin. Selain itu juga, ac di lapangan terlampau dingin, itu mengarah ke bens cadangan. Kita sudah mengusulklan di teknikal meeting semalam (31/9), mereka (panitia, Red) siap untuk membereskannya,' paparnya.

Sementara itu, ketua umu pengda Perbasi, Farid menyatakan tim siap untuk hasbi-habisan melawan Jateng. "Persiapan kita sejak TC sudah melakukan tryout di Jakarta melawan klub-klub kuat. Hasilnya, cukup bagus, kita dapat mengimbangi. Kita juga terakhir kali lolos ke PON di PON XII, sekarang kita lolos lagi, tapi perjuangan kiita bukan hanya lolos saja. PON kali ini sebagai bukti untuk menunjukkan bahwa basket Lampung siap untuk maju,' paparnya

Zico juga menyatakan bahwa dirinya siap tampil all out untuk merebut kemenangan saat menghadapi Jateng. "Saya akan keluarkan seluruh kemapuan. Ini satnya pertandingan yang sebenarnya, bukan latihan lagi. Kita sebagai tim akan berjuang bersama-sama, kita tidak mengandalkan kepada seorang pemain saja, kita kerjasama untuk raih kemenangan," paprnya. (cie)

Prakiraan Pemain
Zico
Antonius
Hendro
Frans
Christian

Pembagian Grup Basket PON XVI Palembang
Pool A
Jawa Timur
Sumut
Jateng
Lampung
Jabar
Kalsel

Pool B
DKI jakarta
Yogjakarta
Nangroe Aceh
Sumsel
Bali
Kaltim

Jadwal Pertandingan
tanggal lawan tempat pukul
1/9 Jateng lapangan basket Indoor tenis 16.00 WIB
3/9 Jatim lapangan basket Indoor tenis 21.00 WIB

No comments:

Post a Comment