Tuesday, April 23, 2013

Mojok Sambil Melototin Data



Sesuatu yang ada di sudut atau pojok, biasanya akan menarik perhatian. Apalagi kalau disajikan melalui tampilan yang penuh warna-warni. Setelah menarik perhatian, tentu membuat penasaran dan ingin melihat.Ini juga yang dimaksudkan pada Data Corner kreasi Seksi Data dan Informasi. Ya, Data Corner merupakan kreasi dari Seksi Data dan Informasi. Salah satu sudut ruangan di Seksi DAI inilah yang selalu menjadi pusat perhatian dikarenakan hadirnya Data Corner. Sebuah pojok data yang menampilkan berbagai informasi menarik bagi siapa saja yang membutuhkan. Informasi apa saja? Tentunya mengenai data serta informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Data Corner sendiri sudah hadir sejak tahun 2012. Kepala Seksi Data dan Informasi, Drs Wahwan menjelaskan bahwa lahirnya data corner karena data dan informasi harus dikemas secara menarik agar kehadirannya terbaca oleh siapa saja yang membutuhkan.

"Kita selalu sajikan berbagai data dan informasi mengenai PTK di data corner. Para tamu yang datang atau siapa saja, bisa langsung melihatnya di ruang DAI," ujarnya.

Lebih lanjut, Pak Wahwan membeberkan proses pembuatannya. Mulai dari pengolahan datanya di Kepala Urusan Pengumpulan dan Pengolahan Kompetensi hingga proses disain dan penyajiannya pada Urusan Penyajian Data dan Informasi PTK. Sentuhan akhir, tentu saja proses memajangnya. 

"Sebagai pemasok data, Kaur (Kepala Urusan, red) Pengumpulan dan Pengolahan Kompetensi PTK menyerahkan data yang telah diverifikasi dan divalidasi tersebut kepada Urusan Penyajian Data dan Informasi PTK" terang Pak Wahwan.

Apa yang yang dipajang pada Data Corner datanya berdasarkan pada NUPTK. Melalui data corner inilah kita bisa melihat sebaran guru, kualifikasi guru di tiap daerah hingga rekapitulasi alumni peserta diklat. 

"Bukan hanya data secara nasional, melainkan hingga per kabupaten dan kota," sambungnya.

Data Corner tahun 2013 sendiri telah hadir mewarnai salah satu sudut ruang DAI. Menggantikan data lama tahun 2013, Data Corner tahun 2013 tidak mengalami banyak perubahan. Kalaupun berubah, hanya dari segi disain dan penyajian. Nah, jika main-main ke ruang DAI, mata akan tertuju pada salah satu sudut dimana terdapat tampilan-tampilan lengkap berupa grafik serta angka-angka yang kalau tidak dilihat, tentu akan menjadi tidak bermakna. Jadi, tidak ada salahnyakan kalau mojok sambil melototin data.(adhi arsandi) 

No comments:

Post a Comment