Tuesday, April 9, 2013

Sertifikat ISO Kembali Diraih


Auditor mengumumkan hasil audit
Selama dua hari, Senin dan Selasa (8 s.d 9 April) lalu, jantung para karyawan P4TK TKPLB Bandung dibuat berdebar-debar. Bagaimana tidak, seritifikat ISO yang telah dua kali diraih dipertaruhkan. Bahkan terancam dicopot. Adalah Ibu Yanti dan Ibu Finka sosok yang membuat jantung berdebar-debar tersebut. Mereka adalah tim auditor dari SAI Global yang datang guna melakukan Audit dalam rangka resertifikasi Sertifikat ISO 9001:2008 yang telah diraih.
"Kami akan assest semua bagian, kami audit semua area mulai hari ini sampai besok siang. Jangan khawatir, semua kebagian diaudit" tegas Ibu Finka dalam acara Opening Meeting Audit Eksternal di Ruang Sidang Utama pada Senin (08/04)lalu.
Audit eksternal terakhir dilakukan pada April tahun 2010. Kegiatan kali ini adalah Audit eksternal rutin tiga tahunan yang selalu dilakukan pihak SAI Global dalam rangka menimang-nimang kelayakan Sertifikat ISO yang diraih suatu lembaga tertentu. Meski hanya berdua, tidak menjamin semua area bebas dari audit. Dengan teliti dan cekatan tim auditor mencecar berbagai pertanyaan guna menilai sistem yang dijalankan.
Di area Seksi Data dan Informasi (DAI), Ibu Yanti tiba tepat pukul 13.10 WIB. Disambut oleh Kepala Seksi DAI, Drs Wahwan dan seluruh staff DAI, perempuan murah senyum ini mulai memeriksa segala dokumen yang terkait dengan sasaran mutu, program kerja dan realisasi per Januari hingga Februari. Dengan cekatan pula, pak Wahwan didampingi pengendali dokumen Seksi DAI, Aam Sudrajat menunjukkan alur kerja Seksi DAI serta basis data peserta diklat yang nantinya diolah dan dipergunakan oleh lembaga.
Dari hasil audit secara keseluruhan sendiri, Ibu Finka selaku team leader mengakui bahwa tidak ada temuan yang bersifat critical yang membuat system breakdown. Dengan kata lain, P4TK TKPLB Bandung berhasil kembali mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008.
"Dari hasil temuan-temuan yang kami peroleh dapat disimpulkan bahwa P4TK TKPLB Bandung dapat sertifikat baru selama 3 tahun ke depan," ujarnya pada acara Closing Meeting yang dilangsungkan di Ruang Sidang Utama pada (09/04)lalu. Hal ini kontan membuat ruangan riuh dan ramai oleh tepuk tangan. Senyum puas tampak diraut wajah-wajah para staff dan pejabat serta pengendali dokumen yang hadir dalam acara tersebut. Berakhir sudah perasaan berdebar-debar itu.
Kepala P4TK TKPLB Bandung, Drs. E. NUrzaman AM, M.Si., MM sendiri mengaku puas akan hasil yang diraih. "Kami sangat berterimakasih atas kejelian para auditor. Sebanyak apapun temuan yang didapat, asal itu untuk perbaikan tentu kami akan terima," ujar Pak Kapus.
 "Saya meminta, jangan memandang ini dari segi sertifikatnya saja, malinkan bagaimana kita tetap meningkatkan kinerja lembaga. ISO hanyalah sebuah alat untuk mencapai kinerja terbaik," lanjutnya.
Meski sertifikat ISO 9001:2008 kembali diraih, banyak temuan-temuan yang auditor ungkapkan. "Kami di sini bukan cari salah dan benar. Tapi untuk perbaikan lembaga ini," pungkas ibu Finka

No comments:

Post a Comment