Wednesday, April 17, 2013

Makna Logo PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG


Seiring pergantian nama Lembaga dari semula PPPG Tertulis Bandung menjadi PPPPTK TK DAN PLB Bandung maka berubah pula logo. Kerilianpala PPPPTK TK dan PLB Bandung, Dra Hj. Teriska memiliki ide brilian tentang logo baru ini. Melalui coretan tangan beliaulah logo ini terbentuk. Penulis hanya menerjemahkan saja ke dalam format digital. 

Melalui sebuah diskusi ringan di ruangan Kepala, terciptalah Logo PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG (tampak pada gambar). Banyak rekan-rekan yang belum tahu makna yang terkandung dalam logo yang sepintas menyerupai penampakan dua orang ini. Bahkan, teman saya sempat berceloteh ringan, "Ah jiga aki-aki jeung nini-nini,". 
Lantas, apa sih makna logo tersebut.


Dalam logo PPPPTK TK dan PLB terdapat  2 buah bentuk berwarna hijau dan oranye yang berpijak pada dua buah buku berwarna biru.

Hal ini memiliki makna sebagai bentuk kasih sayang. Yakni bentuk pembimbingan orang tua terhadap anak, guru terhadap muridnya. Posisi menunduk menggambarkan sikap kerendahan hati, tidak sombong agar terus mau belajar dengan terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam melayani.
Makna warna memiliki arti tersendiri. Pemberian warna hijau dimaknai sebagai karakter yang menenangkan yang menyeimbangkan emosi, cinta, dan kasih sayang. Sedangkan warna oranye dimaknai sebagai karakter yang kreatif dan bersemangat.

Buku berwarna biru dimaknai sebagai landasan tempat berpijak yang berdasarkan pada ilmu pengetahuan serta melambangkan kepercayaan (warna biru). Sedangkan jumlah buku sebanyak dua buah dimaknai sebagai dua bidang landasan yang menjadi fokus lembaga, yakni bidang Taman Kanak-Kanak dan bidang Pendidikan Luar Biasa.

Kurang lebihnya seperti itulah makna yang terkandung dalam logo tersebut. Sekali lagi, buah pemikiran Kepala PPPPTK TK DAN PLB BANDUNG, ibu Teriska yang melahirkan ide logo tersebut.

No comments:

Post a Comment