Thursday, April 4, 2013

Kreatif Boleh, Tapi Jangan Lebay

Seorang peserta berinteraksi dengan pembicara

Grrr...gelak tawa langsung membahana kala sesosok pembicara muda nan atraktif tampil dengan banyolan-banyolan dan gurauan-gurauan segarnya. Tampil polos layaknya pengajar TK, kak Andi Yudha, membius para peserta Seminar Creativity Days For Teachers di Asrama Haji Surabaya (21-22/03) lalu.

Tanpa malu dan canggung, pembicara yang mahir menirukan bunyi-bunyian hewan ini mengajak para peserta untuk kreatif dalam membimbing anak didiknya masuk ke kelas. Suasana panasnya kota Surabaya tidak membuat antusiasme peserta turun.

"Anda boleh kreatif ibu-ibu dan bapak. Tapi jangan lebay. Cape nanti kita," tegur kak Andi pada salah satu peserta yang disambut gelak tawa.

Menjadi kreatif diperlukan pada pendidik PAUD dan TK agar dapae menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Untuk itu, para pendidik diminta agar lebih mampu mengeskplorasi bakat serta kemauan dari peserta didik.

"Dalam diri anak, potensi itu banyak yang bahkan kita sendiri tidak mengerti,"tambahnya.

Seminar Creativity Days For Teacher sendiri merupakan rangkaian kegiatan yang diprakarsai oleh Alumni ITB Komisariat 85 bekerjasama dengan PPPPTK TK dan PLB Bandung. Hajat bersama ini telah digelar sejak tahun 2010 di berbagai kota di tanah air dengan target 10 ribu guru. Kepala PPPPTK TK dan PLB Bandung, bapak Nurzaman dalam sambutannya menegaskan pentingnya kompetensi dan profesionalisme guru.

No comments:

Post a Comment